Wednesday 29 December 2010

Refleksi Part 1

Makin ke ujung tahun 2010, makin banyak berpikir tentang banyak hal. Dari semua perjalanan yang terlewat, mudah-mudahan dapat memetik pelajaran dan menjadi bekal untuk jalan ke depan.

Peristiwa-peristiwa yang lewat dan terlewat, ada senang, sedih, bahagia, haru, duka dan bahkan ada sesal. Untuk bagian terakhir ini, semakin dilihat semakin merasa menyesal. Seringkali terpikir jika saja ada cara untuk kembali ke masa dahulu, tentu akan begini-begitu. Memang menyesal selalu datang belakangan. Tetapi, ingin peristiwa menyesal ini menjadi pelajaran. Seperti kata Musashi : "Berusaha tidak akan menyesal, tidak akan berbuat sesuatu yang bikin menyesal, dan jika harus berbuat sesuatu yang akan disesali dikemudian hari, juga tidak akan menyesalinya." 

Musashi mengajarkan saya tentang penyesalan, pertimbangan dan resiko sebelum menyesal, dan masa lalu adalah masa lalu, maka janganlah hidup di masa lalu.

Ketiga hal ini, tidak mudah dilakukan. Bertahun-tahun saya mencoba konsisten, dengan ajaran ini.. tetap saya menyesal dan tidak dapat merelakan penyesalan saya yang terus merasa saya bisa melakukan lebih baik daripada yang saya lakukan waktu itu. Bertambah lagi, satu pelajaran, orang bilang : "Do the best, let God do the rest".  Melakukan sesuatu, di dalamnya ada pasrah dan doa yang menjadi kekuatan, yang mana seringkali terlupa untuk dipanjatkan, walaupun Tuhan selalu sedia mendengarkan. 

Alpa. Itu kelemahan terbesar. Alpa menyebabkan tidak konsisten, tidak efektif, malas dan menyesal. Semuanya ini harus di BUANG. So, from now on,, make up your mind, jika ingin maju dan berhasil, berlakulah seperti orang yang berhsil, jikaingin kaya, berpikirlah seperti orang kaya, jika ingin dipandang bertutur katalah selayaknya orang yang terpandang.

Pelajaran yang tidak boleh dilupakan.

No comments:

Post a Comment