Tuesday 2 August 2011

Baca Lagi : Heart Block



Baca lagi, novel karya Okke 'Sepatumerah' 
Baca websitenya di
http://blog.sepatumerah.net/ dan   http://heartblockthenovel.blogspot.com


Awalnya tertarik karena sampul depannya yang menarik, kemudian ada sekilas cerita di bagian belakang nya yang bikin penasaran.  Ceritanya tentang seorang penulis bernama "Senja" yang mengalami Writer's Block, keadaan tidak bisa menulis alias buntu.
Keadaan buntu itu bisa datang karena keadaan tekanan, entah dari luar atau dari diri penulis sendiri. Misalnya karena target, deadline seperti di dalam novel ini. Bisa juga dari kondisi penulis yang tidak fit, kebanyakan berpikir, kepalanya sampai mengeluarkan asap. Biasanya, case yang serupa dengan saya adalah expectation terlalu tinggi tapi source yang kurang juga bikin jalan buntu buat ide kreatif menulis. Akhirnya jalan-jalan jadi temporary way out yang bantu mood dan creativity itu kembali dengan sendirinya. Di novel ini, jalan-jalannya Senja diwarnai dengan pertemuannya dengan tokoh yang digambarkan almost perfect yang bernama "Genta".

Kalau kata saya, Genta itu jadi seperti penyuntik ide cerita buat  Senja. Keren kan, kalo lagi buntu terus ada yang nyuntik-nyuntik buat semangat lagi. Yang udah pernah ngerasain pasti setuju dengan saya !!

Pada awalnya, saya memutuskan membaca novel ini dengan harapan bisa dapat solusi, ketika penulis mendapatkan situasi yang ga mood, blank, tidak punya ide baru, bingung mau nulis apa. Situasi ini seperti sebuah penyakit, yang dipercaya menakutkan buat penulis pemula macam saya. Maka, saya ambil dari rak buku dan mulai baca, tetapi... harapan saya tidak terpenuhi, euy !!! Maaf ya Mbak Okke... beneran, saya mutung abis baca ini. Bukan karena "Kentangg" nya... alias kena tanggungnya. Saya biasa dan suka sama yang nanggung. Tapi, entah ya... mungkin harapan saya yang kelewatan. Mengandalkan orang lain untuk menyelesaikan masalah, bukan langkah yang bijaksana. Saya berharap bisa mengintip ke dalam kreasi penulis, menyerap idenya dan memperkaya gudang pengetahuan saya. Mungkin saya salah baca. 
Tetapi, dari semuanya bisa saya bilang, bacaan ini termasuk ringan, cocok buat mereka yang tidak punya banyak waktu tetapi butuh hiburan ringan.  Dibaca sambil nunggu jam kuliah selanjutnya atau sambil nunggu bis. kalo itu situasinya, maka cocok sekali. tapi tetap ga cocok buat saya. Gapapa ya, Mbak? Peace....

Eitttsss, tapi bukan artinya novel ini tidak ada kelebihannya. Jelas ada. Bagus? Ya iyalah! Kalo sampai naik cetak, berarti bagus kan? Nah, ada beberapa Quote yang bagus dicantumin disitu, dan saya suka (kalo mau tau, beli dulu bukunya ...) 

Baiklah, saya hanya bisa tulis segitu... tanpa maksud ingin memberi kritik ataupun menyinggung, mohon maaf bila ada kesalahan dalam kata-kata saya. Terimakasih, Mbak Writer yang keren blog sepatumerahnya.. saya mau baca itu juga kapan-kapan.  :-)

No comments:

Post a Comment