Monday 28 October 2013

Sumpah Pemuda

Walau saya sudah bukan golongan pemudi-pemuda, tapi tetap saya mau ucapkan "Selamat Memperingati Hari Sumpah Pemuda".

Hari ini bakal jadi hari yang panjang, dengan adanya serangkaian upacara dan sebagainya. Namun, intinya hari ini kita diingatkan kembali bagaimana dan seperti apa semangat para pemuda pada jaman kemerdekaan dulu, ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Semangat bertumpah darah satu, berbangsa satu, tanah air Indonesia, Bangsa Indonesia, saat ini, semakin hari semakin pudar.  Saya tidak akan membahas satu-satu, karena kalo hal ini saya bahas di sini, dan jadi konsumsi Internasional, saya juga tidak mau. Hanya saya ingin menyorot satu hal. Yaitu tentang bahasa.

Bayangkan jika kita, bangsa Indonesia tidak mempunyai bahasa yang merupakan bahasa pemersatu. Pastinya, akan banyak misunderstanding diantara bangsa sendiri. Namun, agak geser sedikit topiknya,  masih tentang bahasa pemersatu, Bahasa Indonesia, saya agak prihatin karena Bahasa Indonesia kurang populer dikalangan orang muda, dimana kedudukannya digantikan oleh bahasa gaul... ahem, yang entah benar atau tidak, jadi Bahasa Indonesia yang dikenal di Internasional. Bayangkan suatu hari saya menemukan setelan di browser Google dengan bahasa "nggak", bukannya "tidak".
Hal ini, jadi Pe-er ya, orang muda? Karena tanpa Anda, tidak akan pernah ada sebuah negara. Benar?


No comments:

Post a Comment